Penampilan memang bukan segalanya. Kita juga wajib memperhatikan kesehatan mulut. Kan nggak lucu banget, wajah cantik dan outfit sudah mix and match, tapi tak satu pun orang ngerasa happy saat ngobrol sama kita. Apa masalahnya? Dragon breath atau bau mulut!

Siapapun orangnya, pasti pernah mengalami problem bau mulut atau halitosis. Hampir 90% penyebab bau mulut adalah bakteri penghasil sulfur yang tinggal di bagian belakang dalam mulut. Itu lantaran kita kita kurang menjaga kebersihan mulut, gigi berlubang, infeksi gusi, dan masih banyak lagi.

Penyebab lainnya seperti perubahan hormon, gangguan pencernaan, sinusitis, infeksi amandel, kanker, diabetes, bronchitis kronis, gangguan hati serta ginjal.

Agak nakutin, memang. Namun nggak ada kata terlambat untuk menjadi sehat. Ikuti tips sederhana ini supaya mulut kita lebih sehat dan napas segar:

1.    Keep your mouth clean. Disarankan
menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur. Namun banyak juga yang menyikat gigi usai makan siang. Bersihkan juga lidah menggunakan alat khusus untuk mencegah penimbunan bakteri.

2.    Pemakai behel atau kawat gigi, harusnya lebih ekstra perhatian pada kesehatan dan kebersihan mulut. Jangan pernah bosen membersihkan makanan yang menempel pada kawat. Pastikan, kawat gigi juga terawat dengan baik karena ada kalanya bakteri menempel di kawat tersebut.

3.    Jika ada sela atau jarak antar gigi yang kerap menimbulkan luka saat penyikatan hingga terjadinya infeksi pada gusi, sebaiknya gunakan sikat gigi interdental, yang bisa mencegah terjadinya luka.

4.    Jika memungkinkan atau di saat-saat tertentu, stay away from foods yang bisa memicu bau mulut seperti ikan, daging produk susu, makanan pedas, bawang merah, bawang putih, kopi dan makanan manis. Kalau yang ini sih, harusnya dihindari… makanan yang menimbulkan bau tak sedap seperti pete dan ikan asin. Perbanyak makan buah dan sayuran segar.

5.    Drinks lots of water karena air dalam jumlah yang cukup mampu menekan berlebihnya asam lambung. Lagian tahu sendiri kan, air putih sangat baik untuk kesehatan dan kesegaran tubuh secara keseluruhan.

6.    Produksi air ludah bisa lancar jika kita sarapan dan makan secara teratur. Sekali-kali, kunyah deh permen karet tanpa gula untuk meningkatkan saliva.

7.    Memang, permen mint bisa membantu aroma mulut agar lebih baik. Tapi sifatnya hanya sementara. Beberapa penelitian membuktikan, permen dengan kandungan minyak cinnamon akan membantu menghilangkan bakteri mulut yang merugikan.

8.    Avoid being stressed. Yep, stress terbukti bisa memicu panas dalam tubuh yang bisa menyebabkan terjadi dragon breath.

9.    Jangan pernah merokok dan hindari minuman beralkohol. Bukan cuma napas yang jadi nggak sedap… tapi merusak tubuh kita karena racun-racunnya!

10.   Bau sedap pada mulut juga bisa dibantu dengan kumur-kumur dengan obat kumur usai menyikat gigi. Bisa juga dengan menggunakan breath spray yang banyak tersedia di apotik, agar napas segar the whole day.

untuk melihat info dan hal lainnya silakan klik di bawah
[silakan klik]